Sistem Pemadam Kebakaran CO2 Pada Kapal Cargo

Sistem pemadam kebakaran untuk kargo terdiri dari diameter pipa 20mm sampling di seluruh kompartemen ruang muat kapal. Hal ini dikendalikan dari sebuah kabinet yang ditempatkan di bridge atau di pusat kendali kapal. Udara yang terus ditarik melalui pipa ke dalam kabinet dengan bantuan fans hisap yang menghasilkan udara dari katup pengalihan ke dalam rumah kemudi.

Cara Kerja

Ketika ada api di salah satu kompartemen kargo menahan, asap yang terhisap ke dalam pipa sampling dan dilewatkan melalui katup pengalihan yang ada di dalam rumah kemudi, sehingga alarm peringatan personil bridge membacanya. Secara bersamaan, sampel dari pipa-pipa yang melewati detektor asap yang mendeteksi asap dan akan mengaktifkan alarm audio visual yang menunjukkan penyebaran pada api.

Keuntungan alarm audio-visual adalah meskipun apabila bridge ini tanpa pengawasan selama misalnya di pelabuhan, akan mengaktifkan alarm apabila ada letusa api.

Pada kabinet, sampel akan diteruskan di atas baling-baling kecil yang terbuat dari nilon, melalui tabung transparan berdiameter 13mm, yang menunjukkan aliran. Jika baling-baling tidak berjalan hal itu menunjukkan bahwa pipa tersedak dan sehingga harus diperbaiki secepat mungkin.

Ketika ada api, pipa sampling mengubah warna hitam yang dapat dilihat pada pipa transparan kargo khususnya. Pipa sampling yang sama terhubung ke bank tabung CO2 dengan bantuan katup changeover. Tersebut CO2 dilepaskan dengan membuka katup yang tepat untuk menahan sesudah ada printah dan diskusi dengan kapten kapal atau crew kapal yang bersangkutan.

Titik penting yang dipertimbangkan sebelum melepaskan tabung CO2 adalah bahwa jumlah tabung CO2 akandigunakan diperhitungkan volumenya secara bebas yaitu kargo yang terkena dampak yang mana dihitung sebagai Total volume menahan – volume dari kargo. 30% dari volume dihitung untuk mengetahui jumlah Co2 yang akan di gunakan. Untuk satu botol tabung CO2 volume dihitung sekitar 45.2kg.

credit image and translate from : /marineinsight.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: