SPI: Jangan Salahkan Kami

Inilah KM Marina Nusantara yang terbakar di Sungai Barito. Foto diambil, Selasa (27/9/2011).

 

JAKARTA, KOMPAS.com- Terkait maraknya kecelakaan kapal niaga beberapa waktu terakhir ini, Solidaritas Pelaut Indonesia (SPI) meminta pemerintah mawas diri dan tidak menyalahkan pelaut sebagai penyebab musibah.

Jangan kambinghitamkan pelaut,” kata Ketua Umum Solidaritas Pelaut Indonesia (SPI) Pius Laja Pera di Jakarta, Jumat (30/9.2011).

Menurut dia, kecelakaan di laut bukan semata karena human error (kesalahan manusia), tetapi lebih jauh disebabkan oleh beberapa faktor dan perlu segera dicari solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut.

“Dari hasil evaluasi Solidaritas Pelaut Indonesia, pemerintah perlu duduk bersama dengan para praktisi dan pakar kelautan serta pelaut untuk didengar pendapatnya terkait dengan maraknya kecelakaan dilaut akhir-akhir ini,” kata Pius.

Selama ini, setiap kali terjadi kecelakaan di laut, lanjut Pius, seperti kebakaran yang sering terjadi di atas kapal ferry (penyeberangan) selalu pelaut disalahkan dan disebut human error. Padahal, ketentuan Internasional tentang standar ABK untuk kapal ferry belum sepenuhnya dipenuhi oleh pemerintah.

Begitu juga dengan regulasi yang seringkali berbenturan ketika terjadi kecelakaan pada kapal ferry. Penerbitan SIUPAL (Surat Ijin Usaha Pelayaran) berada di Perhubungan Laut, sementara izin trayek pengoperasian kapal diterbitkan oleh Perhubungan Darat.

“Birokrasi semacam ini yang membuat profesi pelaut di atas kapal ferry menjadi tidak jelas, karena bisa disamakan dengan supir kendaraan bermotor,” katanya.

Menurut Solidaritas Pelaut Indonesia, sudah saatnya pemerintah melakukan pembenahan agar kecelakaan kapal di laut dapat diminalisasi sehingga keselamatan pelayaran benar benar dijamin. Jika itu terjadi, pengusaha dapat diuntungkan dan pelaut terselamatkan serta masyarakat merasa nyaman menggunakan sarana transportasi laut,” Pius menjelaskan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: