Pengawasan Rutin Kapal Sangat Kurang

Kapal SAR di Pelabuhan Trisakti Bersiap ke Lokasi KM Marina Nusantara.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengawasan yang diterapkan terhadap kapal-kapal yang berlayar di wilayah perairan Indonesia masih sangat kurang, sehingga faktor-faktor penyebab kecelakaan masih sangat mudah ditemukan di setiap pelayaran.

Sementara di luar negeri, kapal diperiksa secara rutin setidaknya tiga bulan sekali oleh Marine Inspector, sedangkan kapal-kapal di Indonesia bisa saja tidak diperiksa dalam setahun.

“Sebagai gambaran, kapal pesiar di Amerika Serikat selalu diperiksa setidaknya 3 bulan sekali oleh pengawas pemerintah. Namun, setiap minggu, secara internal, perusahaan pelayaran kerap melakukan latihan pencegahan bencana atau kecelakaan. Ini menyebabkan tingkat kecelakaan mereka bisa ditekan,” ujar Sekretaris Solidaritas Pelaut Indonesia (SPI) Mohammad Arifin di Jakarta, Senin (3/9/2011).

Menurut Arifin, saat ini, sangat mudah mendapatkan pelanggaran keselamatan penumpang pada pelayaran di Indonesia. Contoh paling sederhana adalah penumpang yang merokok di tempat sembarangan, sehingga ancaman kebakaran di kapal menjadi sangat tinggi di Indonesia.

Selain itu, tidak ada pemeriksaan yang memadai atas barang-barang berbahaya yang dibawa penumpang.

Dengan potensi kebakaran yang tinggi seperti itu, Indonesia justru tidak terbiasa menyediakan tenaga Fire Patrol (tenaga pelayaran yang khusus mengawasi potensi kebakaran di kapal).

Tugas pengawasan atas potensi kebarakan di kapal malah diserahkan kepada Anak Buah Kapal (ABK), padahal tugas ABK yang utama adalah memastikan kapal dapat beroperasi.

“Di Amerika, pernah ada kasus kapal terbakar yang menyebabkan korban meninggal dunia. Akibatnya, perusahaan pemilik kapal diberi sanksi, yakni 10 tahun tidak boleh berlayar di seluruh wilayah Amerika. Perusahaan itu sampai bankrut dibuatnya,” ujar Arifin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: