Kapal Terbakar, 197 Orang Tenggelam

KHARTOUM, KOMPAS.com — Hampir 200 orang tenggelam pada Selasa (5/7/2011) ketika sebuah kapal yang membawa imigran gelap dari Sudan ke Arab Saudi terbakar setelah empat jam di laut, demikian menurut beberapa pejabat.

“Seratus sembilan puluh tujuh orang dari negara-negara sekitar wilayah itu tenggelam di Laut Merah di perairan wilayah Sudan, menyusul kebakaran sebuah kapal yang mengangkut mereka ke Arab Saudi,” kata Pusat Media Sudan (SMC), dengan mengutip beberapa pejabat.

“Informasi (dipublikasikan oleh SMC) itu benar,” seorang juru bicara polisi mengatakan kepada AFP, yang menambahkan bahwa perincian lebih lanjut belum diterima.

Pejabat di negara bagian Laut Merah Sudan sebagaimana dikutip oleh SMC mengatakan baru tiga orang yang diselamatkan, tetapi bahwa pencarian pada orang-orang yang selamat masih diteruskan.

Mereka mengatakan, operasi pencarian dan penemuan orang-orang itu telah direncanakan dan dilaksanakan di sekitar Tokar, sekitar 150 kilometer di selatan Port Sudan, dekat perbatasan Eritrea.

Pihak berwenang disebut telah menangkap empat warga Yaman yang diduga merupakan pemilik kapal berbendara Kuba itu.

Satu upaya terpisah untuk menyelundupkan 247 imigran, sebagian besar dari Somalia, Eritrea, Chad, dan Nigeria, juga melalui wilayah Pantai Tokar, Sudan, telah gagal, menurut laporan yang sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: