Tips Membuat Baterai Laptop Awet

Tips Membuat Baterai Laptop Awet

Harga baterai laptop yang cukup mahal membuat kita berpikir ulang untuk membelinya.Salah satu pencegahan kerusakan baterai laptop adalah menggunakan baterai sesuai kadarnya.Ketika baterai laptop anda mulai tidak bersahabat dan sering mati sendiri,sebenarnya penyebabnya adalah baterai Lithium Ion yang cenderung kehilangan sekitar 20% dari kapasitas mereka setiap tahun.Baterai laptop yang digunakan selama 3 tahun kemungkinan akan kuat selama 1 jam bahkan dapat kurang,itu saja harus jika baterai dirawat dan dipakai sesuai prosedur yang baik.

Beberapa tips sederhana yang untuk membuat baterai laptop awet adalah sebagai berikut,

1.Pastikan baterai laptop anda dalam keadaan dingin

Kadang kita membiarkan baterai laptop yang panas dengan alasan ruangan kita tidak berAC apalagi penggunaan laptop yang besar tidak diiringi dengan udara yang panas.Ada lagi seperti membiarkan laptop yang baru dimatikan lalu dimasukkan ke dalam ransel yang ketat dan kedap udara,tentunya kan membuat baterai menimbun panas.

2.Lakukan rekondisi baterai secara teratur.

Kebanyakan laptop pabrikan (kecuali Apple) umumnya tidak memberitahu masalah ini,sebuah proses sederhana yang dikenal sebagai rekondisi (atau kadang-kadang, kalibrasi ) bisa memberikan ruang baru ke dalam baterai laptop serta mengembalikan kapasitas seperti semula.Untuk melakukan ini, caranya adalah mematikan layar Anda dan applikasi yang hidup lalu membuat laptop dalam keadaan tidur (sleep).Tunggulah sampai baterai laptop penuh dan biarkan berjalan sampai sesuai prosedur.Lakukan ini setiap beberapa bulan.

3.Lepaskan baterai laptop ketika anda tidak menggunakannya

Sewaktu anda meninggalkan laptop sepanjang hari,tentunya baterai tidak memiliki kesempatan untuk mengisi ulang.Solusi paling sederhana mengeluarkan baterai.Selama laptop Anda terhubung ke listrik baterai tidak diperlukan dan laptop dapat berjalan tampa baterai. Hanya ingat untuk pop kembali sebelum Anda mengambil laptop Anda di mana saja.

Dengan menerapkan tips sederhana diatas,paling tidak anda telah membuat baterai laptop semakin awet daripada biasanya.Mengingat harga baterai laptop yang tidak murah,maka tips ini tentunya sangat diperlukan bagi anda yang suka menghemat pengeluaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: