Cara Pindah Hosting dan Ganti Nama Domain

 Ide postingan ini bermula dari keinginan untuk mengganti nama domain salah satu blog saya ke nama domain yang mengandung kata kunci dari topik yang dibahas blog tersebut. Setelah saya cari-cari info seputar cara pindah hosting dan ganti nama domain, akhirnya saya temukan juga. CMS yang saya gunakan adalah WordPress. Jadi tutorial cara pindah hosting dan ganti nama domain berikut ini hanya berlaku untuk blog WordPress.

Langkah 1

Langkah pertama yang dilakukan adalah backup database dan folder wp-content beserta isinya. Untuk melakukan backup database, anda masuk ke cpanel kemudian klik backup dan setelah itu klik backup database. Dan untuk cara backup folder wp-content, anda bisa melakukannya dengan menggunakan FileZilla.

Langkah 2

Pastikan nameserver domain baru anda diarahkan ke hosting yang akan anda gunakan. Anda masuk cpanel, kemudian klik fantasisco untuk melakukan instalasi WordPress secara otomatis.

Langkah 3

Pada langkah ini, kosongkan folder wp-content pada blog WordPress yang baru saja diinstal tadi. Ingat, jangan hapus foldernya tapi hapus isinya. Kemudian ganti isi dari folder wp-content tersebut dengan isi wp-content yang anda download pada langkah 1. Gunakan fitur Legacy File Manager di Cpanel supaya proses upload bisa dilakukan lebih cepat. Caranya yaitu jadikan isi dari folder wp-content yang anda backup tadi menjadi file Zip yaitu menjadi wp-content.zip. Upload ke dalam folder wp-content. Setelah proses upload selesai, anda klik file wp-content.zip kemudian pada sidebar kanan atas anda pilih extract.

Langkah 4

Masuk ke dashboard WordPress kemudian aktifkan semua plugin.

Langkah 5

Pada langkah ini, anda akan bersentuhan langsung dengan file database yang di backup pada langkah 1 tadi. Extract file database tersebut kemudian edit dengan menggunakan notepad, lebih mudah lagi jika menggunakan program notepad2 (gratis) atau Dreamweaver. Sebelum mengeditnya, sebaiknya backup dahulu file tersebut. Yang harus anda edit yaitu:

– Nama database: Nama database biasanya diawali dengan nama username Cpanel diikuti dengan _wrdp1. Jadi jika username Cpanel baru anda adalah sepatu, maka ubah menjadi sepatu_wrdp1. Yang perlu diubah hanya 1 yaitu pada bagian paling atas setelah tulisan Database:.

-- MySQL dump 10.11
--
-- Host: localhost    Database: sepatu_wrdp1
-- ------------------------------------------------------
-- Server version    5.0.91-community

– Nama domain: Masih pada notepad/notepad2/Dreamweaver. Ganti semua nama domain lama dengan nama domain baru dengan cara tekan tombol Ctrl+H pada keyboard ketikkan nama domain lama dikotak pertama dan nama domain bari di kotak kedua, kemudian klik replace all.

– Alamat Email: Jika anda berencana untuk menggunakan alamat Email baru, anda juga harus menggantinya dengan cara seperti mengganti nama domain diatas.

Langkah 6

Masuk ke Cpanel klik PHPMyadmin. Pada sidebar sebelah kiri, anda klik nama database, pada contoh kali ini adalah sepatu_wrdp1. Tandai semuanya, kemudian hapus. Setelah terhapus, klik Import kemudian klik Browse, cari file database yang anda edit tadi kemudian Ok.

Dan selesai,

Langkah 7

Anda log in ke Dashboard WordPress dengan menggunakan username dan password blog  wordpress lama anda.

Semoga tutorial cara pindah hosting dan ganti nama domain ini dapat membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: