Menyetir Kendaraan Sambil Bertelepon-ria, Bakal Dipenjara

MALANG, KOMPAS.com – Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya, karena para pengguna kendaraan bermotor sambil menelpon. Karenanya, pihak satuan lalulintas Mapolres Batu, Jawa Timur, segera menerapkan UU No 22 tahun 2009, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Sejak Senin (11/7/2011) hingga Minggu (24/7/2011) nanti, kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. baik melalui operasi patuh semeru. Setelah itu, kami langsung menerapkan UU tersebut,” tegas Kasatlantas Polres Batu, AKP Budi Adhy Buono SIK, Minggu (17/7/2011).

Dalam UU tersebut jelas Budi, tepatnya yang terdapat di pasal 283 jo 106 ayat 1, siapapun yang mengemudikan kendaraan bermotor sambil telepon atau main telepon (HP) bisa langsung kena tilang, dengan ancaman penjara tujuh bulan atau membayar denda Rp 750 ribu.

“Pasal itu yang genjar kami sosialisasikan pada masyarakat khusunya pengguna jalan kendaraan bermotor. Kami pasti langsung menerapkan sanksi itu. Tak ada tawar menawar lagi, karena itu sudah UU,” tegasnya. Karena kalau pengendara menggunakan handphone saat mengemudi, cukup berbahaya pada dirinya dan juga pada pengendara lainnya. “Saat kami melakukan operasi, pasal itu yang kami fokuskan,” katanya.

Pengemudi yang menggunakan handphone itu katanya, jelas mengganggu kosentrasi. “Kalau sudah terganggu konsentrasinya saat mengemudi, tak mastahil akan terjadi kecelakaan. Tidak menabrak pengemudi lainnya, akan jatuh di jalan,” ujarnya.

Sejak beberapa pekan, pihak Satlanta Mapolres Batu sudah banyak memasang papan nama yang berisi “Mengemudi kendaraan dilarang memakai HP”. Papan nama tersebut terpasang di simpang tiga Jl Dewi Sartika dan Jl Patimura, Kota Batu.

Kota Batu katanya, sebagai kota wisata di Jawa Timur, jelang lebaran akan terus membludak pengunjung obyek wisata. “Jalan harus lancar, penggunanya harus tertib berlalulintas agar tak rawan kecelakaan,” katanya.

Budi menegaskan, bagi pengendara, yang akan memasuki kota wisata itu, harus tertib berlalulintas. “Ya tak harus saat akan masuk Kota Batu, di jalan manapun harus tetap tertib berlalulintas. Kalau berkendara ketahuan sambil nelepon, pasti akan disanksi, diancam penjara 7 bulan,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: