Alasan Jakarta Sebagai Kota Mahal

Alasan Jakarta Sebagai Kota MahalBerita Terbaru, Menurut hasil penelitian yang dilakukan Mercer’s Cost of Living Survey 2011, menyatakan bahwa Jakarta termasuk ke dalam daftar kota termahal di Asia Tenggara, setelah Singapura. Dari daftar urut negara dengan pemilik kota termahal, Indonesia menempati peringkat 69. Dengan begitu, Jakarta lebih mahal dibandingkan dengan Hanoi, Bangkok, serta Kuala Lumpur. Apa yang menjadikan Jakarta sebagai kota mahal?

Survey lainnya yang menunjukkan Jakarta kota dengan biaya hidup termahal di dunia yaitu dari ECA International yang menempatkan Jakarta tercatat di posisi 102. Kota lainnya Surabaya berada di posisi 173 dan posisi Balikpapan ada di 187 dunia.

Jika dikerucutkan dalam level yang lebih kecil yaitu Asia, tiga kota besar di Indonesia ini masuk dalam daftar 40 kota dengan biaya hidup paling mahal di Asia. Kota metropolitan Jakarta bahkan masuk dalam posisi ke-15 di Asia, naik satu peringkat dari tahun sebelumnya posisi 16. Sementara Surabaya dan Balikpapan masing-masing berada pada posisi 31 dan 34 dari sebelumnya posisi 31 dan 33 di Asia.

Terkait hal ini, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan menjelaskan mahalnya hidup di Jakarta karena suplai yang terbatas dibanding dengan permintaan. “Level harga memang menunjukkan paling tinggi, karena kelangkaan. Di Jakarta, rumah petak saja harganya tinggi, harga tanah di Jakarta Rp3-4 juta per meter juga sekarang sulit. Beda di luar Jakarta,” ujarnya.

Menurut Rusman, untuk mengukur garis kemiskinan di Jakarta juga memiliki indikator berbeda. “Untuk menjadi tidak miskin, itu pengeluaran belanja di Jakarta memang lebih tinggi,” tambahnya. Sementara dari sisi distribusi, Jakarta lebih diuntungkan karena menjadi daerah pusat barang. Barang impor dari luar negeri masuk ke Jakarta terlebih dahulu, tak seperti daerah di luar Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: